Teknologi Zoom Air

Nike Zoom Air


  Nike Zoom Air adalah teknologi bantalan Udara yang memiliki performa yang baik, Teknologi ini menggunakan bahan seperti jaring-jaring benang dengan di isi oleh udara. 

  Versalite, Responsiv, Supportif dan memiliki daya tahan yang sangat baik adalah gambaran yang sangat cocok dengan teknologi ini. Jika anda mengira bahwa teknologi Zoom air ini adalah teknologi yang baru atau di buat beberapa tahun yang lalu, pemikiran anda Salah Besar, nyatanya teknologi zoom pertama kali di luncurkan pada tahun 1995 yang di implementasikan pada Sepatu Nike Air Zoom LWP.

  Teknologi yang tebilang cukup lama ini masih digunakan hingga sekarang oleh Nike, hal ini dikarekan performa Zoom Air yang sangat baik. Nike menggunakan Teknologi ini di berbagai bidang olahraga seperti Lari (Running), Sepakbola, Hingga Bola Basket. 

  Teknologi Zoom Air pada sepatu basket keluaran Nike di implementasikan di berbagai jenis Sepatu, mulai dari sepatu khusus untuk para Big Man hingga pemain berposisi Guard, namun terdapat beberapa perbedaan di setiap tipe sepatu yang menggunakan teknologi ini.



  Zoom Air pada sepatu basket keluaran Nike memiliki berbagai bentuk, seperti Unlock Zoom pada seri Air Jordan, lalu Full Lenght Visible Zoom pada Nike KD 6 Elite, KD 8, KD 9, Lebron 10, Artichulated Zoom, dan Zoom pada Forefoot dan Rearfoot saja.

Hexagonal Zoom Air pada Lebron 12


  Berbagai bentuk dan jenis Zoom air tergantung dari Tipe sepatu yang akan di luncurkan, seperti Full Lenght Visible Zoom yang tidak dianjurkan untuk para pemain bertubuh besar, karena akan mengurangi daya reaksi dari Zoom Air dan performa dalam mengakomodasi tumbukan, begitu pula untuk sepatu tipe Guard, Zoom Air yang cenderung terasa keras (Seperti pada Air Jordan Super Fly 4) tidak akan cocok untuk para pemain Guard, karena tidak memiliki daya reaksi yang baik untuk pemain yang bertubuh normal.



  Nike Zoom Air juga sering di kombinasikan dengan Midsole dari Nike seperti Phylon dan Lunarlon, Seperti pada Nike Lebron 11 yang menggunakan Full Lenght Zoom Air yang berukuran tipis di kombinasikan dengan Lunarlon sehingga memiliki performa yang baik, Jika tidak zoom air yang tipis dan tidak di kombinasikan dengan foam akan terasa sangat kurang performanya untuk pemain bertubuh besar seperti Lebron James. 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment